Senin, 01 April 2013

BAB II Perkembangan dan Klasifikasi


Perkembangan
Standar dan praktik akuntansi di setiap Negara merupakan hasil dari interaksi yang kompleks di antara faktor ekonomi, sejarah, kelembagaan, dan budaya. Dapat diduga akan terjadinya perbedaan antarnegara. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan akuntansi nasional juga membantu menjelaskan perbedaan akuntansi antar-bangsa.
1.      Sumber pendanaan
2.      Sistem Hukum
3.      Perpajakan
4.      Ikatan Politik dan Ekonomi
5.      Inflasi
6.      Tingkat perkembangan Ekonomi
7.      Tingkat pendidikan
8.      Budaya
Menurut analisis Hofstede, Gray mengusulkan suatu kerangka kerja yang menghubngkan budaya dan akuntansi. Ia mengusulkan empat dimensi nilai akuntansi, yaitu :
1.      Profesionalisme versus ketetapan wajib pengendalian.
2.      Keseragaman versus fleksibilitas.
3.      Konservatisme versus optimism.
4.      Kerahasiaan versus transparasi.
Klasifikasi
Klasifikasi akuntansi internasional dapat dilakukan dalam dua kategori: dengan pertimbangan dan secara empiris. Klasifikasi dengan pertimbangan bergantung pada pengetahuan, intuisi, dan pengalaman. Klasifikasi secara empiris menggunakan metode statistic untuk mengumpulkan basis data prinsip dan praktik akuntansi seluruh dunia.
Referensi : Ball, R., S. P. Kothari, dan A. Robin, “The effect of International Institusional Factors on Properties of Accounting Earnings,” Journal of Accounting and Economics 29, no. 1 (2000), hal. 1-51.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar